[Ashiya Says] Life, Family, Friendship, Love, and Future

TOGASetelah beberapa bulan lari kesana-kemari nyusun skripsi, ngejar-ngejar dosen pembimbing, begadang sampe mata kayak mata panda, melakukan penelitian langsung ke sekolah, akhirnya tanggal 24 September aku bisa ikut seminar/sidang draft. Mungkin di universitas lain gak ada yang namanya seminar draft tapi mungkin karena kampusku begitu ‘SPECIAL’ jadilah di adakan seminar itu dan tentu saja ada sejumlah uang yang harus di bayarkan. :3

24 September 2013 bangun pagi-pagi, kemeja putih, celana panjang hitam, dan tidak lupa jas almamater sudah disiapkan. Jam 7 sudah nongkrong di kampus dan sidang baru di mulai sekitar jam 8an. Sialnya, aku dapet giliran terakhir. Sekitar jam setengah 1 siang baru dapet giliran. Huftt…kebayang gimana pegelnya nunggu dari pagi. Tahu gitu datengnya siang-siang aja. –”

Jam 8 ada pengarahan dari Dekan, Wakil Dekan I, dan ketua prodi (program studi) menjelaskan tentang langkah-langkah harus kita lalui demi mendapat gelar sarjana. Singkatnya, mereka menjelaskan bahwa setelah draft, baru akan dilakukan sidang skripsi atau sidang akhir beberapa hari kemudian. Sidang draft ini bener-bener bikin deg-degan takut kalah berdebat dengan para penguji yang berjumlah 3 orang dalam mempertanggungjawabkan hasil penelitian. Tapi beruntung, aku dapetnya pengujinya bukan dosen-dosen yang ‘rese’ gimana gitu.

Saat berhadapan dengan penguji pertama, diminta menjelaskan isi dari skripsi yang aku tulis minimal 5 menit, tentu saja pake bahasa Inggris karena aku kuliah di jurusan bahasa Inggris. Setelah di jelaskan dari BAB 1 sampe BAB 5, beliau menanyakan beberapa hal seperti bagaimana metode yang di gunakan dalam penelitian, prosedur penelitian, prosedur ketika di kelas (aku masuk fakultas pendidikan jadi penelitiannya di sekolah dan aku memilih SMK sebagai tempat penelitiannya), statistik hasil penelitian dari nilai terendah siswa, nilai tertinggi siswa, sampe nilai rata-rata kelas. Syukurlah semuanya lancar aku jawab. Hehe…

Kemudian beralih ke penguji kedua, awalnya aku pikir penguji yang ini bakalan mencecar abis-abisan mengingat para mahasiswa yang di bimbing  selama penyusunan skripsi oleh dosen lulusan di Australia dan Amerika ini ribet banget! Tapi begitu aku berhadapan dengan beliau, setelah menjelaskan seluruh isi skripsi secara singkat seperti yang dilakukan di penguji satu, beliau langsung bertanya membahas tentang BAB 3, yaitu tentang metode penelitian. Dari metode yang di gunakan, jumlah populasi dan sample yang di teliti, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, sampai setting/tempat dimana penelitian itu dilakukan. Dan semuanya di jawab dengan lancar.🙂

Terakhir, penguji ketiga. Penguji ketiga ini pembimbingku sendiri waktu penelitian jadi tidak begitu banyak yang di pertanyakan karena beliau juga sudah tahu bagaimana skripsiku itu. Sidang draft hari itu pun akhirnya selesai dengan lancar! Oh ya, setelah draft itu masing-masing penguji memberikan catatan berupa perbaikan-perbaikan untuk menyempurnakan skripsi ini. Syukurlah yang aku dapet hanya penambahan-penambahan dan tidak perlu di rombak keseluruhan isi dari skripsiku itu. Banyak temen-temen yang lain yang harus di ubah dan tentu saja itu sangat membuat mereka stress berat!

Tanggal 29 September 2013, waktu yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba! Hari ini adalah penentuan lulus tidaknya para mahasiswa ini mendapatkan gelar sarjana. Jika lulus, mereka langsung mendapat gelar sarjana, karena aku masuk fakultas pendidikan jadi gelar yang akan aku dapet adalah S.Pd. atau sarjana pendidikan. Pakaian yang di pakai pun berbeda dengan waktu sidang draft. Kalau sidang draft memakai kemeja putih, celana panjang hitam, dan almamater, di sidang skripsi pakaiannya kemeja putih, celana panjang hitam, jas hitam/blazzer, dan dasi. Mereka yang berjilbab, di perbolehkan untuk tidak memakai dasi karena toh bakal ke halang juga. Karena aku tidak berjilbab, jadi aku memakai dasi.🙂 Kalo ngaca, berasa jadi FBI! LOL… FBI apa bodyguard? kkkkk~ Sebelumnya gak pernah berpakaian seperti ini. Waktu PROSSPEK (Program Sosialisasi Study Pengenalan Kampus) juga berpakaian seperti ini hanya saja tidak memakai jas.

Dibanding sidang draft, perasaanku lebih deg-degan ketika sidang draft. Mungkin karena waktu draft itu masih belum tahu gimana suasana ketika berhadapan dengan para penguji. Jadi di sidang skripsi ini, sudah lebih siap tapi juga lebih santai. Haha… Saking santainya, persiapannya tidak semaksimal waktu draft. Kalau waktu draft semaleman ngapalin karena takut gak bisa jawab atau lupa, di sidang skripsi persiapannya tidak begitu maksimal. Hanya mengingat pertanyaan-pertanyaan waktu sidang draft aja.

Jam 8 sidang di mulai, di luar ruangan sidang sudah  terpampang daftar nama-nama calon-calon sarjana ini. Jumlah mahasiswa yang mengikuti sidang kali ini ada 75 orang yang di bagi menjadi 4 kelompok. Jumlah ini berkurang 3 orang dari sidang draft yang berjumlah 78 orang. 3 orang yang tidak ikut ini beralasan karena mereka belum selesai merevisi hasil draftnya dan ada juga yang berhalangan karena di terima bekerja di sebuah perusahaan jadi terpaksa menunda sidang. Mereka baru akan mengikuti sidang bulan November mendatang. Disitu aku masuk kelompok 1 yang akan di uji oleh Dekan (yang juga merupakan pembimbingku dalam penyusunan skripsi), ketua prodi, dan dosen. Aku kembali bersyukur karena dapetnya bukan penguji yang rempong, meskipun awalnya agak deg-degan juga karena dosen yang jadi penguji itu sangat teliti. Tapi berdoa aja semoga di lancarkan.

Seperti waktu draft, aku dapet giliran terakhir lagi! Meskipun bukan di urutan paling bawah, nomor urut ke-17 dari 19 mahasiswa. Sekitar jam 1 (pokoknya setelah selesai waktu jam makan siang) aku di panggil. Pertama, berhadapan dengan ketua prodi. Aku diminta menjelaskan secara singkat hasil skripsiku dan kemudian karena judul skripsiku adalah Improving Students’ Mastery on Vocabulary Through The Lyric of English Songs at The Tenth Grade of SMKN 1 Maja, aku diminta nyanyiin lagu yang dijadikan treatment untuk penelitian itu! Heol~! Jelas aku menolak karena gak mau suara emasku terekspos secara gratis. LOL *ngeles! xD Akhirnya gak nyanyi deh, selamet~~!! xD Pengujian(?) pun selesai. Oh ya, aku dan ketua prodi ini kebetulan tempat tinggalnya cukup dekat, beliau bertanya, “abis ini mau kemana?” lalu aku jawab planningku kedepan dan kemudian di kasih wejangan-wejangan yang tiba-tiba bikin mata berair. hehe… Sedih juga 4 tahun belajar disitu dan kemudian akan meninggalkan kampus tercintaahhh. :3

Setelah itu menghadap penguji kedua, pak Dekan. Sidang berjalan lancar hingga kemudian menghadap penguji ketiga. Penguji yang kukira bakal merepotkan, ternyata tidak juga. Akhirnya sidang skripsi hari itu selesai dan tinggal menunggu hasil kelulusannya.

SKIP~!

Sekitar jam 4 sore, kita diminta berkumpul di ruangan yang di pake ujian kelompokku (kelompok 1). Dekan, Wakil Dekan 1, Ketua Prodi, Sekretaris Prodi, dan para dosen jurusan bahasa Inggris masuk ke ruangan dan memberikan pesan-pesan untuk kita setelah lulus nanti. Waktu mereka ngomong, sambil nundukin kepala aku nginget-nginget jaman(?) awal masuk kuliah. Inget waktu ujian masuk, prosspek, pengangkatan pengurus HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan), suasana di kelas waktu jam kuliah, waktu ujian yang sering menemukan kejadian-kejadian ‘lucu’,  sampe soal love-love‘an gitu daaah. hihihihi… Dan waktu aku naikin kepalaku lagi, aku menengokkan kepala ke arah kanan. Di situ, temen cowok yang aku ceritain di ff Day By day (yang sebagai Dongwoon) liatin terus. Tapi kemudian aku ngelakuin tindakan bodoh itu lagi (tindakan apa itu, silakan baca ffnya kalo penasaran! hhihihi..). Yah…jadi curhat! –”

Gak lama kemudian, salah satu dosen bawa setumpuk amplop dan di letakan di meja tepat di hadapan Dekan. Sekretaris prodi kemudian ngomong kalo diantara kami yang berjumlah 75 orang itu ada 11 diantaranya yang tidak lulus! Paniklah kita! Takut termasuk yang 11 orang itu. Soalnya kalo gak lulus, sidangnya di ulang bulan November. Tentu kami sangat tidak menginginkan itu!

Kemudian sebelum amplop kelulusan itu di bagikan, sekprod itu bilang buka amplopnya di luar ruangan dan abis itu kalo ternyata lulus, bisa keluar lewat pintu samping. Katanya bakal ada kejutan!

Satu persatu mahasiswa itu di panggil dan menerima amplopnya. Aku nunggu kok namaku gak di panggil-panggil. Lama banget sampe disitu tinggal sekitar 15 orang. Aku duduk bertiga sama kosma (sebutan ketua kelas) kelasku dan seorang yang aku jadiin tokoh Chanyeol di ff Day By Day. eheheheh… Dia adalah mantan ketua HMJ. (aku dikerubungin para ketua! wkwwkwk) Aku pun ngomong sama mereka berdua, “kok kita gak dipanggil-panggil ya?” setelah ngomong gitu si “Chanyeol” itu di panggil! Dan disitu tinggal aku sama si ketua kelas dan juga beberapa mahasiswa lain. Selang satu orang setelah si “Chanyeol” itu di panggil, akhirnya namaku di panggil juga. Waktu maju mau ngambil, salah satu dosen bilang, “pas nih tinggal 11.” hahaha… ngerti kan maksudnya? xD SekProd bilang ada 11 orang yang tidak lulus. Nah, keringet dingin dah tuh si kosma! xD

Aku keluar dari ruangan itu, salah satu temenku nanya, “gimana lulus?” padahal tu amplop belum juga di buka. –” Pelan-pelan plus deg-degan aku buka itu amplop. Aku ambil surat yang terlipat rapi. Lipatan pertama aku baca nama, nomor NPM, dan jurusan. Kemudian buka lagi lipatannya, di sana tertulis:

dinyatakan

LULUS

TIDAK LULUS

dalam menempuh Ujian Akhir Komprehensif dan Sidang Skripsi periode September 2013.

Disitu aku langsung berseru mengucapkan syukur dan gak sadar mata udah netesin airmata. Aku pun rangkulan sama temen-temen deketku persis kayak teletubbies! xD

Begitu baca tulisan LULUS itu rasanya beda banget sama waktu nerima kelulusan di SMA, SMP, apalagi SD. Kalo sekolah dulu begitu tahu lulus, perasaannya lega aja gitu. Tapi begitu lulus sarjana ini, rasanya campur aduk. Mungkin karena perjuangan mendapatkannya yang jauh lebih berat dari waktu SMA, SMP, SD kali ya? Waktu sekolah, mungkin kita mati-matian baca buku, ikut bimbingan belajar sebelum UN. Tapi untuk meraih gelar sarjana ini, kita bener-bener usaha yang maksimal. Dari mulai berburu buku-buku, apalagi buku bahasa Inggris itu jarang ada dan susah di carinya. Kalaupun ada juga harganya bikin dompet menjerit. Selain itu, kita mesti ngejar-ngejar dosen pembimbing. Dimana pun mereka berada, kita harus bisa ketemu dengan mereka. Yang paling jauh itu waktu aku minta tanda tangan penguji setelah revisi draft. Aku bawa kendaraan sampe 100 km/jam dengan waktu sekitar 1,5 jam (mungkin. Lupa! xD). Kebayang jauhnya. Belum lagi cuaca yang panas serasa di panggang apalagi waktu lewatin daerah pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat. Panasnya berasa kayak neraka bocor. >< Mungkin itu daerah tergersang yang ada di daerahku. Oh ya, tanda tangan itu bukan cuma dari 1 atau 2 orang aja. Aku harus dapetin tanda tangan pembimbing yang ada 2 orang, tanda tangan penguji yang berjumlah 3 orang, dekan, wakil dekan, bagian keuangan, dan bagian akademik. Gempor-gempor dah tuh kaki! -,-‘ Belum lagi berkas-berkas yang salah cetak dan juga yang udah gak kepake. Kalo liat kertas-kertas yang menggunung kayak gitu ngebayangin berapa pohon yang udah dihabiskan. Kalo soal materi, jangan di tanya habis berapa. Pokoknya sampai sidang itu, tabunganku abis! wkwkwk… Tapi mudah-mudahan sebanding dengan apa yang akan di dapet nanti. Amiiiiin~!

Kembali ke surat kelulusan, setelah tahu lulus, aku disuruh keluar lewat pintu samping. Dan ternyata…………disana sedang ada prosesi siraman! LOL maksudnya, mereka yang lulus di siram sampe mereka basah kuyup! Disitu yang mengguyurnya adalah ketua prodi dan sekretaris prodi. Aku pun tidak lolos dari penglihatan tajam mereka. Di seret disuruh duduk di kursi, tas yang aku gendong d taro entah dimana, dan seketika BYURRR!!! Meskipun cuma 1 gayung, tapi semuanya basah kuyup. Gak ada bagian yang kering. Di situ kita tertawa atau tepatnya saling menertawakan. Terakhir, beberapa orang mahasiswa berniat balas dendam. Mereka mau balas nyiram ketua prodi yang usianya udah seumuran dengan kemerdekaan Indonesia, dan juga sekretaris prodi. Beruntung sekretaris prodi itu cepet menghindar jadi dia gak kena guyuran tapi malang nasib our daddy!! (kita manggilnya Daddy) Kena sasaran balas dendam para mahasiswa yang baru saja bertitel Sarjana Pendidikan. Tapi gak sebasah kita para sarjana baru yang sampe menggigil. Hmmm…that precious moment! terakhir kita foto bareng dengan kondisi basah-basahan. hehe… Aku perhatikan semuanya pada basah! Itu artinya SekProd berbohong kalo ada 11 orang yang ga lulus! Dengan kata lain, kami yang 75 orang, LULUS SEMUA!!!😀

Setelah dapet gelar sarjana, bukan berarti selesai. Justru inilah awal dari masa depanku nanti. Aku mulai cari lowongan kerja sana-sini, urus berkas-berkas, tapi gak tahu kenapa meskipun aku lulusan pendidikan tapi saat ini gak ada niat untuk daftar PNS buat jadi guru. o.O dan ternyata itu bukan cuma aku doank. Temen-temenku pun berpikiran begitu. Jadi apapun nanti, berharap bisa membanggakan keluarga, terutama orang tua!

Ada satu hal yang aku sesalin di hari itu. Aku gak sempet ngucapin selamat ke teman specialku. >< Padahal itu (sepertinya) terakhir ketemu. Masih ada 1 kesempatan lagi sih sebenernya, bulan Desember nanti pas wisuda. Yah, semoga aku gak kayak yang ngehindarin dia lagi. *curcol mulu, jeng?? xD*

Akhirnya sekarang di belakang namaku tercantum gelar S.Pd. Hehe… Semoga bisa menambah gelar akademik lagi di kemudian hari. Entah itu Master, Doktor, atau Profesor. Hehehe… Amin aja daaah. xD

About Ashiya Xiahtic

what should I write? kekekeke~ seriously, you wanna know about me? kepo ah! lol xD

Posted on October 8, 2013, in Sharing and tagged . Bookmark the permalink. 16 Comments.

  1. wah chukae ya thor sneng ngliat na,,,
    jd pgn sarjana deh hiks,,,hhe

  2. Proses pembuatan skripsi itu memang “maknyos”

    setelah 9 bulan mengandung “penyusunan” akhirny berojol jg pada tanggal 28 Juli kmrn…. hehe

    n akhir agustus kmrn bru dwisuda…. S.Kep

    n sekarang harus lanjutin kuliah profesi untuk dapet gelar Ns.

  3. halo eonni annyeongiiiii~ mian aku baru mampir diblognya…….. Huaaaaaaaaaa kangen banget sama blog ini:(( udah hampri setengah taun kagak pernah ngunjungin blog ini akhirnya bisa ngunjungin lagi….. Aku aja belum sempat baca ulang ff kyutae yang dulu aku kirim:( asal bikin langsung kirim ke eonni.. Dan hari ini aku mau puas2in baca semua ff baru disini! Hihiw:3
    Pas buka blog ini, aku liat tulisan teratas eonni dan ternyata lagi curhat… Cie cie yang udah lulus~ chukkaeeee:”)) semoga kedepannya bisa lebih baik lagii:)
    Liat eonni cerita gini aku jadi flashback pas taun lalu pas kakak aku juga diwisuda bertepatan hari ultah aku._. Itu spesial banget/? Dan setelah acara wisuda itu… Beberapa bulan setelahnya aku nemanin kaka aku kesana kemari cari pekerjaan berdua doang boncengan-.- ga mandang mau panas banget atau apa pasti tetap aja berkeliaran.
    Terus ada satu cerita lucu pas aku temanin kaka aku ke salah satu bank swasta dikiranya aku juga mau ikutan mendaftar.__. Tapi endingnya kaka aku gak diketrima juga di bank itu… Akhirnya dia ikut job fair dan dapat panggilang dari BFI Finance. Akhirnya setelah melalui perjuangan yang cukup panjang dan kaka aku udah mulai putus asa udah cape cari kerja akhirnya dia ditrima di bfi training 3bulan di jkt. Udah training gitu, puji Tuhan dia lulus dan ditetapkan di tasikmalaya sebagai wakil kepala operasional~ wow yah:”) aku aja salut sama kakak aku, diapaling muda dikampusnya dann di panggil bos sama karryawan2 yang lbh tua dari dia hihiw.
    aku curhat yah?._. Gak, aku cuman sharing pengalaman biar memotivasi eonni nantinya kalo cari kerja. Eonni fighting!!!!!! Sekali lagi…. Congratulation for your graduate:))) eonni Ashiya,S.Pd hihiw:3

    • wah gomawo~! :* hehe…
      ini juga udah beberapa hari ngurus-ngurus keperluan persyaratan kerja. Tapi beruntung sekarang nyari kerjaan sudah lebih di mudahkan lewat email dan bisa apply lamaran dari rumah.😀
      aku rencana ikut walk interview pramugari penerbangan asing. Soalnya yang lokal justru lebih merepotkan persyaratannya. Tapi ya di coba aja lah yang mana aja. Siapa tau lagi dapet keberuntungan. hihihihi

      • ne eonni~ cie cie yang mau jadi pramugari:)) sukses yowwwhhh… oh ya, eonni aku sudah baca semua ff terbaru eonni yang aku belum baca kecuali yang di proteksi dan yang castnya seowook hihi:$ aku terlalu jahat kalo minta pw ff eon yang d proteksi karna aku baru muncul dan gak pernah ninggalin jejak/? Tapi…. Jebal lanjutin ff2nya… Terutama ff22 baru eonni yang badgirl, terus yang ada leejongsuknya*aku lupa judulnya* yang ada kyutorianya sama L nyaa… Huaaa itu keren banget:3 terus yang dangerous girl bikin penasaran-,- apa lagi yah? Yang seokyu-taeteuk juga keren:’) jadi bayangin ntar mereka kalo udah nikah gimana?:” terus…. Yang kyutae yang taenya dibunuh sama kyu:( itu nyessek:”””” bangett………. Huaaaammmmmmm…. FF2 lama eonni juga kayaknya belum ada yang dilanjutin. mulai skarang aku usahain bakalan lebih sering ngunjungin blog eonni kalo tugas sekolah gak menuntut untuk d selesaikan:’) hihiw. Oh iya maaf aku komennya gak disetiap cerita…. Soalnya, aku bacanya lewat hp… Nokia lagi-,- taulah bemana leletnya hihiw. Yaudah sekali lagi fighting eon buat kedepannya:)) kalo eon masih sibuk ngurusin lamaran kerjanya, biarin ffnya terlanta dlu… kan itu jauh lebih penting.. Aku bakalan usahain secepatnya nyelesaiin ff aku juga:) fighting fighting!!!!

  4. eonni keren !!!
    aku salut sama perjuangan nya eonni, iri deh:/
    kapan aku bisa kaya eonni ? sekarang aku masih kelas 1 SMP dan lagi mid test, itu pun aku gk yakin nilai mid test aku sempurna, bagus, atau pas rata2 :3
    apalagi sekarang pake kurikulum 2013,, penilaian berdasarkan KAP (Kognitif, Afektif, Psikomotor) dan aku sama sekali gk aktif waktu belajar -_- #curcol
    haaaaahhhhhhhhh.. ~ udh deh, tamat riwayat x_x
    eonn, kalau udh rada renggang waktu nya,, lanjutin ff-ff yang sebelum nya belum selesai ya. hehehehe..😀

  5. inthan taegangsterjewelsfishy

    eonni chukkae🙂
    finally perjuangan eonni gak sia-sia
    jadi guru yang baik eon jangan galak”🙂 ntar muridnya kabur semua loh🙂
    chukkae eonniiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  6. Eonnie chukae ya udh sukses jd sarjana
    semoga wisudanya lancar dan sukses di kerjaannya
    Jd pengen cepet lulus juga *aku maba loh hehhe* #kok jd curhat sih#
    Pokoknya selamat deh buat eonnie

  7. Baca crita ini mlah ikud deg2an un ..
    Kya’nya wktu sdang, suasananya mencengkeram bget ya un .. Hehe

  8. Selamat ya unnie, slmat atas krja kerasnya, selmat dpt glar S.Pd, mnrutku unnie trmsuk org yg pnya bnyak talenta, udh dpt glar S.Pd, pnter nulis, pnter ngrang crta ( FF cntohnya ), pnya imajinasi tggi bwad bkin crta, dll
    skli lg, slmat ya unnie🙂
    Gbu🙂

  9. chukkae eonni…semoga kedepannya juga makin sukses yah…

    ngmong” nnti kalo q kuliah boleh dong konsultasi sedikit ma eonni…??hehehe..

  10. wah chukae thor..
    udh sarjana ni yee..
    smoga kdpan nya lancar untuk berjuang di dunia yg sesungguhnya#krja mksdnya

  11. selamat ya unn.. udah jadi sarjana pendidikan bahasa inggris>>:)

    oh ya unn,, apakah sebegitu deg2annya kah mengikutiu sidang skripsi?
    soalnya stiap aku denger crita anak kuliah, yang ditakutin anak kuliah itu sidang skrispsi.
    apa sebegitu menakutkannya unn????
    sampe2 mahasiswa pada takut ke dia?

Leave Comment

